RSS

Selamat Niron guys :v wakakaka

1. - Toleransi ukuran adalah dua batas penyimpangan yang diijinkan pada setiap ukuran    elemen
-      Toleransi geometrik adalah toleransi yang membatasi penyimpangan bentuk, posisi tempat, dan penyimpangan putar terhadap suatu elemen geometris.
-      Toleransi umum, adalah besaran angka toleransi yang berlaku untuk semua ukuran yang terdapat pada gambar, kecuali ukuran-ukuran yang telah dicantumi angka toleransi secara khusus.
-      Toleransi khusus adalah besaran angka yang berlaku untuk semua ukuran yang terdapat pada gambar , kecuali ukuran ukuran yang telah dicantumi angka toleransi secara khusus

2. • Suaian longgar (clearance fit)

Harga toleransi yang menghasilkan keadaan longgar antara lubang dan poros

• Suaian luncur (sliding fit)

Harga toleransi yang menghasilkan keadaan luncur/halus antara lubang dan poros. Pada keadaan ini, antara poros dan lubang nyaris tanpa kelonggaran, gap yang tercipta antara lubang dan poros berkisar antara 0.002-0.02mm (tergantung dari ukuran nominal lubang-poros).



• Suaian sesak (interference fit)


Harga toleransi yang meghasilkan keadaan sesak antara lubang dan poros. Pada keadaan ini ukuran poros lebih besar daripada ukuran lubang, yang memerlukan usaha tersendiri untuk memasang poros ke lubang tersebut (menggunakan tenaga manusia dibantu alat ketok, menggunakan mesin press, menggunakan metoda pemanasan lubang, dsb).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhTm2PgZshif21i1YavhZy1OINHeqDaEJIbtcx1QFZPzt7U4hg-WtmssILrSv87zBdXohchVvBUTfGag8YftTYlLGlHAR7JY28egp1yHUHjL0NgWS0wDRpg5CVHckrHCPo_tfK-AWnLcvWK/s320/tol-suaian.gif
3. a. 30H7 b. 40g6
Keterangan:
1. Suatu lubang dengan ukuran dasar 30 mm, posisi daerah toleransinya H, dan kualitasnya 7
2. Suatu poros dengan ukuran dasar 40 mm, posisi daerah toleransinya g, dan kualitasnya 6
4. Garis tebal kontinyu : dipergunakan pada garis gambar kerja dan garis tepi.
Garis tipis kontinyu : digunakan pada garis pengukuran, garis arsiran, garis bantu, garis proyeksi, garis petunjuk pengerjaan, garis tak-terlihat dan suatu garis nyata dari penampang yang diputar ditempat.
Garis tipis kontinyu bebas : digunakan pada garis batas dari suatu potongan sebagian.
Garis tipis kontinyu zig-zag : digunakan pada garis batas dari suatu potongan sebagian.
Garis gores tebal : digunakan pada garis terhalang yaitu : garis nyata terhalang dan tepi terhalang.
Garis gores tipis : digunakan pada garis terhalang yaitu : garis nyata terhalang dan tepi terhalang.
Garis bergores tipis : digunakan pada garis lintasan, garis simetri dan garis sumbu.
Garis bergores tipis dan ditebalkan pada bagian ujung-ujungnya serta bagian perubahan arah garis : digunakan pada garis potong.
Garis bergores tebal : digunakan pada penunjukan bagian yang harus mendapatkan suatu perlakuan khusus.
Garis bergores ganda tipis : digunakan pada bagian yang berdampingan dan batas kedudukan benda yang bergerak serta merupakan suatu garis sistem.


5. Kelonggaran (Clearance). Kelonggaran adalah selisih kelonggaran antara lubang dengan poros dimana ukuran lubang lebih besar daripada ukuran poros.
·                     Kelonggaran maksimum adalah seliisih antara lubang terbesar dengan poros terkecil dalam suatu suaian longgar.
·                     Kelonggaran minimum adalah selisih ukuran lungan terkecil dengan poros terbesar dalam suatu suaian longgar. 





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.